Lowongan CPNS Pemkot Kota Blitar

Share

Lowongan CPNS Kota Blitar (Formasi, Persyaratan dan Pengumuman) – Kota Blitar merupakan sebuah kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Blitar terletak sekitar 167 km sebelah selatan Surabaya. Kota Blitar terkenal sebagai tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno.

Lowongan CPNS Kota BlitarSelain disebut sebagai Kota Patria, kota ini juga disebut sebagai Kota PETA (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepimpinanan Suprijadi, Laskar PETA melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang menginspirasi timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain.

Ikan koi yang populer di Jepang dapat dibudidayakan dengan baik di kota ini sehingga memberikan julukan tambahan sebagai Kota Koi.

Berdasarkan legenda, dahulu bangsa Tartar dari Asia Timur sempat menguasai daerah Blitar yang kala itu belum bernama Blitar. Majapahit saat itu merasa perlu untuk merebutnya. Kerajaan adidaya tersebut kemudian mengutus Nilasuwarna untuk memukul mundur bangsa Tartar.

Keberuntungan berpihak pada Nilasuwarna, ia dapat mengusir bangsa dari Mongolia itu. Atas jasanya, ia dianugerahi gelar sebagai Adipati Aryo Blitar I untuk kemudian memimpin daerah yang berhasil direbutnya tersebut. Ia menamakan tanah yang berhasil ia bebaskan dengan nama Balitar yang berarti kembali pulangnya bangsa Tartar.

Akan tetapi, pada perkembangannya terjadi konflik antara Aryo Blitar I dengan Ki Sengguruh Kinareja yang tak lain adalah patihnya sendiri. Konflik ini terjadi karena Sengguruh ingin mempersunting Dewi Rayung Wulan, istri Aryo Blitar I.

Singkat cerita, Aryo Blitar I lengser dan Sengguruh meraih tahta dengan gelar Adipati Aryo Blitar II. Akan tetapi, pemberontakan kembali terjadi. Aryo Blitar II dipaksa turun oleh Joko Kandung, putra dari Aryo Blitar I. Kepemimpinan Joko Kandung dihentikan oleh kedatangan bangsa Belanda. Sebenarnya, rakyat Blitar yang multietnis saat itu telah melakukan perlawanan, tetapi dapat diredam oleh Belanda.

Kota Blitar mulai berstatus gemeente (kotapraja) pada tanggal 1 April 1906 berdasarkan peraturan Staatsblad van Nederlandsche Indie No. 150/1906. Pada tahun itu, juga dibentuk beberapa kota lain di Pulau Jawa, antara lain Batavia, Buitenzorg, Bandoeng, Cheribon, Magelang, Samarang, Salatiga, Madioen, Malang, Soerabaja, dan Pasoeroean.

Dengan statusnya sebagai gemeente, selanjutnya di Blitar juga dibentuk Dewan Kotapradja Blitar yang beranggotakan 13 orang dan mendapatkan subsidi sebesar 11.850 gulden dari Pemerintah Hindia-Belanda. Untuk sementara, jabatan burgemeester (wali kota) dirangkap oleh Residen Kediri.

Pada zaman pendudukan Jepang, berdasarkan Osamu Seirei tahun 1942, kota ini disebut sebagai Blitar-shi dengan luas wilayah 16,1 km² dan dipimpin oleh seorang shi-cho.

Selanjutnya, berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang No. 17/1950, Kota Blitar ditetapkan sebagai daerah kota kecil dengan luas wilayah 16,1 km². Dalam perkembangannya, nama kota ini kemudian diubah lagi menjadi Kotamadya Blitar berdasarkan Undang-Undang No. 18/1965. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 48/1982, luas wilayah Kotamadya Blitar ditambah menjadi 32,58 km² serta dikembangkan dari satu menjadi tiga kecamatan dengan 20 kelurahan. Terakhir, berdasarkan Undang-Undang No. 22/1999, nama Kotamadya Blitar diubah menjadi Kota Blitar

P E N G U M U M A N
Lowongan CPNS Kota Blitar Tahun Anggaran 2018

Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur kembali mengundang Warga Negara Indonesia terbaik untuk ikut membangun NKRI dengan bergabung sebagai :

  • CPNS Kota Blitar 2018

Deskripsi Pekerjaan

Formasi CPNS Kota Blitar 2018

  • Formasi Khusus Cumlaude : 3
  • Formasi Khusus Disabilitas : 3
  • Formasi Umum : 216

Total : 222 Formasi

Informasi lebih lanjut mengenai rincian formasi dan persyaratan pendaftaran akan di-Update melalui website https://sscn.bkn.go.id dan http://bkd.blitarkota.go.id

Persyaratan Umum :

  • Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan
  • Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat mendaftar
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidanadengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, Anggota TNI/ POLRI/ Pegawai BUMN/BUMD, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/ PNS/ Anggota TNI/ POLRI serta Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah (akan disampaikan pada saat peserta dinyatakan lulus ujian seleksi)
  • Tidak pernah mengkonsumsi/ menggunakan/ memiliki ketergantungan terhadap narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba dari dokter pemerintah / instansi yang berwenang (akan disampaikan pada saat peserta dinyatakan lulus ujian seleksi)
  • Bersedia membuat Surat Pernyataan tidak mengajukan Ijin Belajar/Tugas Belajar minimal selama 5 (lima) tahun sejak TMT PNS bagi Tenaga Dokter (akan disampaikan pada saat peserta dinyatakan lulus ujian seleksi)
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Kota Blitar
  • Peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada Pemerintah Kota Blitar dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS.

Situs Referensi

  1. www.blitarkota.go.id

Tata Cara Pendaftaran Lowongan CPNS Kota Blitar

Apabila Anda tertarik dan sanggup memenuhi persyaratan,silakan melakukan proses pendaftaran dan unggah dokumen secara online melalui website resmi pendaftaran CPNS 2018 berikut ini :

Ketentuan Umum :

  • Pelamar CPNS dihimbau mempelajari juga kisi kisi soal CAT di : http://ujian.latihansoal.com
  • Seluruh tahapan pelaksanaan seleksi CPNSD Pemerintah Kota Blitar tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun
  • Jika peserta dinyatakan lulus namun pada saat melengkapi persyaratan administrasi ditemukan adanya pemalsuan dokumen, akan dikenai sanksi sesuaiperaturan perundangan yang berlaku serta secara otomatis peserta dianggap gugur dan rangking terbaik berikutnya dinyatakan sebagai pengganti
  • Dalam hal peserta yang sudah dinyatakan lulus tahap akhir seleksi kemudian mengundurkan diri, kepada yang bersangkutan diberikan sanksi tidak boleh mendaftar pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk periode berikutnya dan Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki rangking terbaik di bawahnya
  • Keputusan Tim Pengadaan CPNSD Tahun 2018 Pemerintah Kota Blitar tidak dapat diganggu gugat dan bersifat mutlak
  • Dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain
  • Pemerintah Kota Blitar tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun dari oknum -oknum yang mengatasnamakan Tim Pengadaan CPNSD Pemerintah Kota Blitar Tahun 2018, sehingga Peserta diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.
  • Keterangan lebih lanjut, silakan membuka tautan : http://bkd.blitarkota.go.id

Info Lowongan CPNS Kota Blitar dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Share