• Home »
  • CPNS »
  • Lowongan CPNS PU – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Lowongan CPNS PU – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Share

Lowongan CPNS PULowongan CPNS PU PR – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia – Kemenpupera merupakan sebuah institusi kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Dahulu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bernama “Departemen Permukiman dan Pengembangan Wilayah” (1999-2000) dan “Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah” (2000-2004). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kemenpupera dipimpin oleh seorang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Setelah Indonesia memproklamirkan Kemerdekaan pada tanggal 17-8-1945, maka semenjak itu Pemuda-pemuda Indonesia mulai berangsur-angsur merebut kekuasaan Pemerintahan dari tangan Jepang baik di pusat pemerintahan (Jakarta/Bandung) maupun Pemerintahan Daerah-daerah.

Sesudah Pemerintahan Indonesia membentuk Kabinet yang pertama, maka pada Menteri mulai menyusun organisasi serta sifatnya. Pekerjaan Umum pada waktu itu (1945) berpusat di Bandung, dengan mengambil tempat bekas gedung V.&W. (dikenal dengan nama “Gedung Sate”).

Ketika Belanda ingin mengembalikan kekuasaaan pemerintahan di Hindia Belanda sebelum perang, datang mengikuti Tentara Sekutu masuk ke Indonesia. Akibat dari keinginan Pemerintahan Belanda ini, terjadilah pertentangan fisik dengan Pemuda Indonesia yang ingin mempertahankan tanah air berikut gedung-gedung yang telah didudukinya, antara lain “Gedung Sate” yang telah menjadi Gedung Departemen Pekerjaan Umum pada waktu itu (peristiwa bersejarah itu dikenal dengan peristiwa “3 Desember 1945”).

Pada waktu revolusi fisik dari tahun 1945 s/d 1949, Pemerintah Pusat RI di Jakarta terpaksa mengungsi ke Purworejo untuk selanjutnya ke Yogyakarta, begitu juga Kementerian PU. Sesudah Pemerintahan Belanda tahun 1949 mengakui kemerdekaan Republik Indonesia maka pusat pemerintahan RI di Yogyakarta, berpindah lagi ke Jakarta.

Sejak tahun 1945 itu, Pekerjaan Umum (PU) telah sering mengalami perubahan pimpinan dan organisasi,sesuai situasi politik pada waktu itu. Sebagai gambaran garis besar organisasi PUT diuraikan sebagai berikut:

  • Sebelum tentara Belanda masuk ke Yogyakarta Susunan Kemerdekaan PU. Perhubungan dapat dibagi menjadi 8 Jawatan dan 4 Balai.
  • Khusus pada masa Republik India Serikat Kementerian Perhubungan dan POU RIS dibagi dalam beberapa Departemen dan beberapa Jawatan dan beberapa instansi yang hubungan erat dengan tugas dari dep.PU. RIS.

Kementerian Perhubungan PU.RIS tersebut terdiri atas penggabungan 3 Departemen prae federal yaitu:

  • Departemen Verkeer, Energie dan Mynbouw dulu (kecuali Mynbouw yang masuk dalam kementerian Kemakmuran).
  • Departemen Van Waterstaat di Wederopbouw
  • Departemen Van Scheepvaart

Penggabungan dari 3 Departemen dari pemerintahan prae federal dalam satu Kementerian yaitu Kementerian Perhubungan Tenaga dan PU.RIS dianggap perlu, supaya hubungan 3 Departemen tersebut satu dengan lain menjadi sangat erat, terlebih-lebih jika diingat, bahwa untuk pembangunan Negara akan diadakan koordinasi dan rasionalisasi yang baik dan adanya tenaga ahli dan pula untuk melancarkan semua tugas yang dibebankan pada Kementerian Perhubungan Tenaga dan PU.RIS.

Khusus pada permulaan terbentuknya Negara Kesatuan RI, maka susunan Kementerian berbeda sebagai berikut: Dalam masa prolog G 30 S. PKI terjadilah dalam sejarah Pemerintahan RI suatu Kabinet yang besar disebut dengan nama Kabinet DwiKora atau Kabinet 100 Menteri, dimana pada masa ini dibentuk Koordinator Kementerian. Tidak luput Departemen PUT. yang pada masa itu ikut mengalami perubahan organisasi menjadi 5 Dept. dibawah Kompartemen PUT Kabinet Dwikora, dipimpin Jenderal Suprajogi. Adapun Kompartemen PUT ketika membawahi, antara lain:

  • Departemen Listrik dan Ketenagaan
  • Departemen Bina Marga
  • Departemen Cipta Karya Konstruksi
  • Departemen Pengairan Dasar
  • Departemen Jalan Raya Sumatera

Setelah peristiwa G.30S PKI Pemerintah segera menyempurnakan Kabinet Dwikora dengan menunjuk Ir.Soetami, sebagai menteri PUT untuk memimpin Kompartemen PUT. Kabinet yang disempurnakan itu tidak dapat lama dipertahankan.

Kabinet Ampera, sebagai Kabinet pertama dalam masa Orde Baru. Kembali organisasi PUT dibentuk dengan Ir.Soetami, sebagai Menteri. Dengan Surat Keputusan Menteri PUT tertanggal 17 Juni 1968 N0.3/PRT/1968 dan diubah dengan Peraturan Menteri PUT tertanggal 1 Juni 1970 Nomor 4/PRT/1970. Departemen PUT telah memiliki suatu susunan struktur Organisasi.

Sebagai gambaran lebih jauh pembagian tugas-tugas dalam lingkungan Dep. PUT, maka pada waktu itu asas tugas-tugas PU telah diserahkan pada kewenangan daerah itu sendiri.

Kontak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Gedung Pusdata Lt 1,
Jl. Pattimura 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(021) 7392262

Pengumuman Lowongan CPNS PU 2018

Kemenpupera – Kementerian PU kembali membuka kesempatan berkarir menjadi CPNS dengan persyaratan pendidikan sebagai berikut :

Formasi Jabatan yang dibuka antara lain :

  1. Teknik Pengairan Ahli Pertama (150 formasi)
  2. Teknik Jalan dan Jembatan Ahli Pertama? (209 formasi)
  3. Teknik Penyehatan Lingkungan Ahli Pertama (85 formasi)
  4. Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Pertama (205 formasi)
  5. Pembina Jasa Konstruksi Ahli Pertama (25 formasi)
  6. Perencana Ahli Pertama (30 formasi)
  7. Analis Kebijakan dan Strategi Pembiayaan (45 formasi)
  8. Peneliti Ahli Pertama (13 formasi)
  9. Analis Kebijakan Ahli Pertama (40 formasi)
  10. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama (50 formasi)
  11. Pranata Komputer Ahli Pertama (45 formasi)
  12. Auditor Ahli Pertama (27 formasi)
  13. Asesor SDM Aparatur Ahli Pertama (10 formasi)
  14. Pranata Humas Ahli Pertama (8 formasi)
  15. Pustakawan Ahli Pertama (4 formasi)
  16. Surveyor Pemetaan Ahli Pertama (54 formasi)

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan CPNS PU :

  • Warga Negara lndonesia (WNl) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik lndonesia.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih (Dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian pada saat dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir Seleksi Pengadaan CPNS)
  • Bebas dari penyalahgunaan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (Dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit/Dokter Pemerintah setempat yang masih berlaku pada saat dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir Seleksi Pengadaan CPNS).
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRl, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS, anggota TNI/POLRI atau siswa sekolah rkatan drnas Pemerintah.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terllibat dalam politik praktis.
  • Bersedia untuk membatalkan perjanjian/kontrak kerja dengan instansi pemerintah/swasta lain, pada saat dinyatakan lulus.
  • Mampu mengoperasikan komputer minimal program office dan internet (browsing dan surat elektronik).
  • Usia Pelamar pada tanggal 10 Oktober 2018 sebagai berikut:
    • a. Berusia tidak lebih dari 30 tahun 00 bulan (lahir pada 10 Oktober 1988 dan setelahnya) untuk pelamar formasi jenjang pendidikan S-1/D-IV
    • b. Berusia tidak lebih dari 35 tahun 00 bulan (lahir pada 10 Oktober 1983 dan setelahnya) untuk pelamar:
      • b.1 Pelamar formasi Disabilitas
      • b.2 Pelamar yang telah aktif bekerja sebagai Pegawai Non PNS di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • Memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Memiliki kemampuan/menguasai Bahasa Inggris dengan baik yang dibuktikan dengan hasil tes kemampuan bahasa Inggris yang sekurang-kurangnya masih berlaku sampai dengan bulan Oktober 2018, dengan ketentuan hasil tes yang diakui/diperbolehkan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Unit Organisasi/Unit Kerja/Satuan Kerja Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
  • Bersedia bekerja dan menjalani ikatan dinas sekurang-kurangnya selama 10 (sepuluh) tahun dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-sejak diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dibuktikan dengan menandatangani dan menyampaikan Surat Pernyataan pada saat dinyatakan lulus pada pnegumuman Kelulusan Akhir Seleksi Pengadaan CPNS)
  • Khusus bagi Pelamar Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat wajib membuktikan dengan menyampaikan salinan akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku
  • Khusus bagi Pelamar yang masih aktif bekerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai Pegawai Non PNS wajib membuktikan dengan menyampaikan salinan Surat Keputusan Pengangkatan/Surat Perjanjian Kerja sebagai Non PNS Tahun 2018 yang telah dilegalisasi oleh atasan langsungnya.

Situs Referensi

  1. www.pu.go.id

Tata Cara Pendaftaran

Apabila Anda tertarik dan sanggup memenuhi persyaratan, maka silakan melakukan proses pendaftaran dan unggah dokumen dilakukan secara online melalui laman portal nasional di laman :

Ketentuan Umum Lowongan CPNS PU :

  • Seleksi CPNS PU menggunakan sistem CAT, pelajari kisi-kisi CAT CPNS di laman : https://ujian.latihansoal.com
  • Periode pendaftaran online : 26 September s.d. 10 Oktober 2018 ( ditutup pukul 23.59 WIB)
  • Terhadap peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
  • Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik dibawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat.
  • Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan Kepada para peserta, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam Peraturan Perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS ini, apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya.
  • Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai / tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
  • Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.
  • Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.
  • Info detail, silakan membuka laman : https://pu.go.id

Info Lowongan CPNS PU PR dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Share