Lowongan LPS – Lembaga Penjamin Simpanan

Lowongan LPSDalam rangka meningkatkan kinerja organisasi, saat ini Lembaga Penjamin Simpanan membutuhkan kandidat yang berkualitas, kredibel, akuntabel dan mempunyai integritas serta komitmen tinggi untuk menduduki posisi-posisi sebagai berikut:

  • Pendidikan Calon Pegawai (PCP) LPS

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pria/Wanita dengan usia maksimal 25 tahun per 31 Juli 2021
  3. Pendidikan minimal S1
  4. Jurusan Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Sistem Informasi/Teknologi Informasi/Teknik Informatika
  5. IPK minimal 3.00 skala 4.00
  6. Akreditasi Jurusan A atau 100 Universitas terbaik di dunia (bagi lulusan luar negeri)
  7. Khusus untuk pelamar lulusan perguruan tinggi luar negeri diwajibkan untuk:
    • Memiliki ijazah kelulusan
    • Melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan tranksrip nilai dari DIKTI untuk meyakini kesetaraan jenjang pendidikan yang diraih dengan jenjang pendidikan di Indonesia.
  8. Khusus untuk pelamar lulusan program kembaran (joint degree dan double degree):
    • Apabila memiliki lebih dari 1 (satu) ijazah, dapat menggunakan salah satu ijazah yang bidang studi/jurusannya sesuai dengan kebutuhan Lembaga Penjamin Simpanan
    • Nilai minimal IPK, mengacu pada ijazah yang dipilih sebagaimana butir 7a. Apabila ijazah yang dipilih adalah ijazah dari perguruan tinggi luar negeri, maka mengikuti ketentuan sebagaimana butir 7 di atas dan
    • Apabila mendapatkan 1 (satu) ijazah dan yang mengeluarkan adalah perguruan tinggi luar negeri, maka mengikuti ketentuan sebagaimana butir 6 di atas.
  9. Belum menikah/belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama periode pendidikan
  10. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba
  11. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis
  12. Tidak menjadi anggota atau pengurus organisasi terlarang
  13. Tidak sedang menjalani proses hukum pidana dan/atau tidak pernah menerima sanksi pidana
  14. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan Keputusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak kejahatan.

Persyaratan Dokumen :

Untuk memudahkan registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen ini. Data dan soft file (dengan format JPG, masing-masing file/ dokumen berukuran maksimum 100kb untuk Pas Foto dan E-KTP/Surat Keterangan Perekaman E-KTP Asli serta maksimum 500kb untuk lainnya) dari dokumen tersebut diperlukan untuk melengkapi form registrasi unggah dokumen sebagai berikut:

  1. Pas Foto terbaru
  2. E-KTP/Surat Keterangan Perekaman E-KTP
  3. Ijazah/SKL yang digunakan untuk melamar
  4. Transkrip nilai yang digunakan untuk melamar
  5. Khusus untuk pelamar lulusan perguruan tinggi luar negeri diwajibkan untuk memiliki ijazah kelulusan dan melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan tranksrip nilai dari DIKTI untuk meyakini kesetaraan jenjang pendidikan yang diraih dengan jenjang pendidikan di Indonesia

Situs Referensi

  1. www.lps.go.id

Tata Cara Pendaftaran

Apabila Anda tertarik dan sanggup memenuhi persyaratan, silakan melakukan pendaftaran secara online dengan mengunjungi tautan di bawah ini :

Ketentuan Umum :

  • Periode pendaftaran online : 26 Juni – 4 Juli 2021 Pk. 23:59 WIB
  • Pengumuman proses seleksi akan diumumkan melalui email kepada peserta yang lulus dan tidak lulus.
  • Setiap tahapan seleksi menggunakan sistem gugur.
  • Hanya kandidat terbaik (shortlisted candidates) dengan mempertimbangkan aspek-aspek keseluruhan yang akan diproses ke tahap selanjutnya.
  • Keputusan hasil seleksi merupakan wewenang Lembaga Penjamin Simpanan yang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Proses pelamaran pekerjaan hanya dapat dilakukan dengan mendaftar dan melamar melalui link resmi di atas, tidak ada jalur lain yang digunakan dalam proses pendaftaran.

Info Lowongan Kerja LPS dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Sekilas Tentang Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Lowongan LPSLembaga Penjamin Simpanan atau LPS adalah sebuah lembaga independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang dan mempunyai fungsi yang berkaitan dengan sistem perbankan di Indonesia. Setiap bank yang melakukan kegiatan usaha di wilayah Republik Indonesia wajib menjadi peserta penjaminan LPS.

Industri perbankan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam perekonomian nasional demi menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. Stabilitas industri perbankan sangat mempengaruhi stabilitas perekonomian secara keseluruhan.

Pada tahun 1998, krisis moneter dan perbankan yang menghantam Indonesia, yang ditandai dengan dilikuidasinya 16 bank, mengakibatkan menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat pada sistem perbankan. Untuk mengatasi krisis yang terjadi, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya memberikan jaminan atas seluruh kewajiban pembayaran bank, termasuk simpanan masyarakat (blanket guarantee). Hal ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 1998 tentang Jaminan Terhadap Kewajiban Pembayaran Bank Umum dan Keputusan Presiden Nomor 193 Tahun 1998 tentang Jaminan Terhadap Kewajiban Pembayaran Bank Perkreditan Rakyat.

Dalam pelaksanaannya, blanket guarantee memang dapat menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan, namun ruang lingkup penjaminan yang terlalu luas menyebabkan timbulnya moral hazard baik dari sisi pengelola bank maupun masyarakat.

Untuk mengatasi hal tersebut dan agar tetap menciptakan rasa aman bagi nasabah penyimpan serta menjaga stabilitas sistem perbankan, program penjaminan yang sangat luas lingkupnya tersebut perlu digantikan dengan sistem penjaminan yang terbatas.

Dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan mengamanatkan pembentukan suatu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai pelaksana penjaminan dana masyarakat.

Pada tanggal 22 September 2004, Presiden Republik Indonesia mengesahkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 tentang Lembaga Penjamin Simpanan. Berdasarkan Undang-Undang tersebut, LPS, suatu lembaga independen yang berfungsi menjamin simpanan nasabah penyimpan dan turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya, dibentuk.

Undang-undang ini berlaku efektif sejak tanggal 22 September 2005, dan sejak tanggal tersebut LPS resmi beroperasi.

Kontak

Sekretariat Lembaga Penjamin Simpanan

Equity Tower Lt 20-21,
Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53,
Jakarta 12190 , Indonesia

E-mail: [email protected]
Telepon: +62 21 515 1000 (hunting)
Fax: +62 21 5140 1500/1600