Lowongan PT Pelabuhan Indonesia IV

Lowongan PT Pelabuhan Indonesia IVLowongan PT Pelabuhan Indonesia IV – PT Pelabuhan Indonesia IV atau Pelindo IV adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa kepelabuhan. Secara efektif keberadaan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mulai sejak penandatanganan Anggaran Dasar Perusahaan oleh Sekjen Dephub berdasarkan Akta Notaris Imas Fatimah, SH No 7 tanggal 1 Desember 1992. Menilik perkembangan kebelakang di masa awal pengelolaannya, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang semakin maju.

Tahun 1957-1960
Pada masa awal kemerdekaan, pengelolaan pelabuhan berada dibawah koordinasi Djawatan Pelabuhan. seiring dengan adanya nasionalisasi terhadap perusahaan-perusahaan milik Belanda dan dengan dikeluarkannya PP No. 19/1960, maka status pengelolaan pelabuhan dialihkan dari Djawatan Pelabuhan berbentuk badan hukum yang disebut Perusahaan Negara. (PN)

Tahun 1960-1963
Berdasarkan PP No. 19 tahun 1960 tersebut pengelolaan pelabuhan umum diselenggarakan oleh PN pelabuhan I-VIII. Di kawasan Timur Indonesia sendiri terdapat 4 (empat)PN Pelabuhan yaitu : PN Pelabuhan Banjarmasin, PN Pelabuhan Makassar, PN Pelabuhan Bitung dan PN Pelabuhan Ambon.

Tahun 1964-1969
Pada masa order baru, pemerintah mengeluarkan PP 1/1969 dan PP 19/1969 yang melikuidasi PN Pelabuhan menjadi Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) yang di pimpin oleh Administrator Pelabuhan sebagai penanggung jawab tunggal dan umum di pelabuhan. Dengan kata lain aspek komersial tetap dilakukan oleh PN Pelabuhan, tetapi kegiatan operasional pelabuhan dikoordinasikan oleh Lemabaga Pemerintah yang disebut Port Authority.

Tahun 1969- 1983
Pengelolaan Pelabuhan dalam likuiditas dilakukan oleh Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) berdasarkan PP 1/1969 dan PP 18/1969. Dengan adanya penetapan itu, pelabuhan dibubarkan dan Port Authority digantikan oleh BPP.

Tahun 1983-1992
Status pelabuhan dalam likuidasi yang di kenal dengan BPP berakhir dengan keluarnya PP 11/1983 dan PP 17/1983 yang menetapka bahwa pengelolaan pelabuhan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum).

Tahun 1992 – sekarang
Dilandasi oleh pertimbangan peningkatan efisiensi dan efektifitas perusahaan serta dengan melihat perkembangan yang dicapai oleh perum pelabuhan IV, pemerintah menetapkan melalui PP 59/1991 bahwa pengelolaan pelabuhan di wilayah Perum Pelabuhan IV dialihkan bentuknya dari Perum menjadi (Persero). selanjutnya Perum Pelabuhan Indonesia Iv beralih menjadi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia IV. Sebagai Persero, pemilikan saham PT Pelabuhan Indonesia IV yang berkantor pusat di jalan Soekarno No. 1 Makassar sepenuhnya dikuasai oleh Pemerintah, dalam hal ini Menteri Keuangan Republik Indonesia dan pada saat ini telah di alihkan ke Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kontak PT. Pelndo IV
Jl Soekarno No. 1 Makassar-Sulawesi Selatan
90173 Indonesia

Lowongan Kerja PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Terbaru

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), salah satu perusahaan jasa kepelabuhanan di kawasan timur Indonesia bekerja sama dengan PT Intan Sejahtera Utama membuka lowongan pekerjaan untuk penempatan PT Pelindo IV (Persero) Cabang Tarakan.

Tenaga Kerja yang dibutuhkan :

  1. Operator Rubber Tyred Gantry (RTG)
  2. Operator Reach Stacker
  3. Tallyman

Deskripsi Pekerjaan

  1. Operator Rubber Tyred Gantry (RTG)
  2. Operator Reach Stacker
  3. Tallyman

Kualifikasi :

  • Usia maksimal 40 tahun (Operator RTG dan Reach Stacker)
  • Usia maksimal 35 tahun (Tallyman)
  • Pendidikan minimal SMA/Sederajat
  • Memiliki surat izin opreasi (SIO) (khusus operator)
  • Pekerja keras, disiplin, dan beretika baik
  • Sehat jasmani dan rohani

Situs Referensi

  1. www.inaport4.co.id

Tata Cara Pendaftaran

Kelengkapan dan Pengiriman Berkas lamaran

  1. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy lisensi sesuai spesifikasi yang dibutuhkan
  4. Pas foto ukuran 3X4 dan 4X6 cm dengan latar belakang warna merah masing-masing 2 lembar
  5. Melampirkan fotocopy surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
  6. Surat lamaran ditujukan kepada Direktur SDM, Umum dan Keuangan PT Intan Sejahtera Utama Jl. Soekarno No.1 Makassar, Sulawesi Selatan atau Jl. Yos Sudarso No.9 Tarakan Kalimantan Utara

Ketentuan Umum :

  • Lamaran diterima paling lambat pada tanggal 5 Februari 2020.
  • Seluruh tahapan dalam proses rekrutmen PT Pelindo IV ini tidak dipungut biaya.
  • Hanya kandidat terbaik yang akan dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya.
  • Sumber Informasi

Info Lowongan PT Pelabuhan Indonesia IV dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS