Lowongan PT Perusahaan Gas Negara (PGN)

Lowongan PT Perusahaan Gas NegaraLowongan PT Perusahaan Gas Negara – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk – PGN merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi dan distribusi gas bumi, yang menghubungkan pasokan gas bumi Indonesia dengan konsumen di seluruh penjuru nusantara.

PGN memperkuat pondasi yang ada dan bertransformasi dari perusahaan transmisi dan distribusi gas bumi menjadi penyedia solusi energi terintegrasi, yang mendorong pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan masyarakat dan industri yang semakin meningkat.

Seiring meningkatnya kebutuhan energi yang bersih dan terjangkau, PGN akan terus menggunakan keahlian dan pengalamannya untuk mengamankan sumber energi baru untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang konsumen.

Semula pengusahaan gas di Indonesia adalah perusahaan gas swasta Belanda yang bernama I.J.N. Eindhoven & Co berdiri pada tahun 1859 yang memperkenalkan penggunaan gas kota di Indonesia yang terbuat dari batu bara.

Proses peralihan kekuasaan kembali terjadi di akhir Perang Dunia II pada Agustus 1945, saat Jepang menyerah kepada Sekutu. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pemuda dan buruh listrik melalui delegasi Buruh/Pegawai Listrik dan Gas yang bersama-sama dengan Pimpinan KNI Pusat berinisiatif menghadap Presiden Soekarno untuk menyerahkan perusahaan-perusahaan tersebut kepada Pemerintah Republik Indonesia.
Pada 27 Oktober 1945, Presiden Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas di bawah Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik sebesar 157,5 MW.
Pada tahun 1958 perusahaan tersebut dinasionalisasi dan diubah menjadi PN Gas.
Pada tanggal 1 Januari 1961, Jawatan Listrik dan Gas diubah menjadi BPU-PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara) yang bergerak di bidang listrik, gas dan kokas yang dibubarkan pada tanggal 1 Januari 1965. Pada saat yang sama, 2 (dua) perusahaan negara yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pengelola tenaga listrik milik negara dan Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai pengelola gas diresmikan.
Selanjutnya pada tanggal 13 Mei 1965 berubah menjadi Perusahaan Gas Negara. Tanggal inilah yang kemudian diperingati sebagai hari jadi PGN pada tiap tahunnya.
Perusahaan ini yang semula mengalirkan gas buatan dari batu bara dan minyak dengan teknik Catalytic Reforming yang tidak ekonomis mulai menggantinya dengan mengalirkan gas alam pada tahun 1974 di kota Cirebon. Konsumennya adalah sektor rumah tangga, komersial dan industri. Penyaluran gas alam untuk pertama kali dilakukan di Cirebon tahun 1974, kemudian disusul berturut-turut di wilayah Jakarta tahun 1979, Bogor tahun 1980, Medan tahun 1985, Surabaya tahun 1994, dan Palembang tahun 1996.
Berdasarkan kinerjanya yang terus mengalami peningkatan, maka pada tahun 1984 statusnya berubah menjadi Perusahaan Umum Gas Negara Perum dan pada tahun 1994 statusnya ditingkatkan lagi menjadi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) dengan penambahan ruang lingkup usaha yang lebih luas yaitu selain di bidang distribusi gas bumi juga di bidang yang lebih ke sektor hulu yaitu di bidang transmisi, dimana PGN berfungsi sebagai transporter.
PGN kemudian memasuki babak baru menjadi perusahaan terbuka ditandai dengan tercatatnya saham PGN pada tanggal 15 Desember 2003 di Bursa Efek Indonesia dan namanya resmi menjadi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Kontak PGN

Kantor Pusat
Jl. K.H. Zainul Arifin No. 20
Jakarta 11140 Indonesia
T 6221 633 4838
F 6221 633 3080
E [email protected]
www.pgn.co.id
PO BOX 1119 JKT

Contact Center
0800 1500 645
T 6221 633 3000
E [email protected]

Lowongan Kerja PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk – PGN yang merupakan sebuah Perusahaan BUMN di Indonesia yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi membutuhkan tenaga kerja guna mengisi posisi sebagai :

  1. Bimbingan Profesi Sarjana
  2. Bimbingan Praktis Ahli

Deskripsi Pekerjaan

1. Bimbingan Profesi Sarjana (60 Formasi)

Kualifikasi :

  • Pendidikan minimal S1/D4 Berbagai Jurusan

2. Bimbingan Praktis Ahli (15 Formasi)

Kualifikasi :

  • Pendidikan minimal D3 Berbagai Jurusan

Kualifikasi Umum :

  • Usia maksimal saat penutupan pendaftaran 30 tahun untuk BPS (Lulusan S1/D4) & 25 tahun untuk BPA (Lulusan D3)
  • IPK minimal 3.00 untuk BPS (Lulusan S1/D4) & 2.75 untuk BPA (Lulusan D3)
  • Akreditasi perguruan tinggi dan program studi minimal B
  • Kesesuaian program studi dengan kualifikasi jabatan
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah operasional PGN

Situs Referensi

  1. www.pgn.co.id

Tata Cara Pendaftaran

Apabila Anda tertarik dan memenuhi persyaratan, silakan melakukan pendaftaran secara online dengan membuka tautan di bawah ini :

Tahapan :

  • Akses web career PGN : https://careers.pgn.co.id
  • Buat akun
  • Verifikasi akun pada email yang didaftar
  • Login kembali pada akun yang telah didaftar
  • Isi data diri pada menu _My PGN Career_ yang terdiri dari (Data Umum, Minat Kerja, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pengalaman Organisasi).
  • Siapkan foto, KTP, Sertifikat Pendidikan dan Transkrip Nilai untuk diupload pada web career. Pastikan data tersebut tidak melebihi 1 MB.
  • Jika sudah mengisi data diri, pilih formasi yang akan dilamar. Baca dan pastikan terlebih dahulu formasi yang dilamar lalu klik _Apply this Position_. Pelamar hanya boleh memilih 1 formasi.
  • Jika sudah melamar formasi maka akan terlihat formasi terpilih di Halaman Muka.
  • Jika pelamar terpilih untuk mengikuti tahapan selanjutnya, maka akan mendapatkan Pengumuman dan Undangan melalui email [email protected]

Ketentuan Umum :

  • Segala komunikasi hanya melalui PGN Careers dan email: [email protected] dan [email protected]
  • Seluruh proses pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya apapun.
  • Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Pertamina Gas Negara (PGN).
  • Jika terdapat kendala dapat menghubungi [email protected]
  • Proses seleksi dilakukan secara online
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah operasional PGN.
  • Periode Pendaftaran 21 Februari – 13 Maret 2022

Info Lowongan PT Perusahaan Gas Negara dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS