Tanya Jawab Seputar PKH Kemsos

Tanya Jawab Seputar PKH KemsosTanya Jawab Seputar PKH Kemsos – Bagi Anda yang tertarik menjadi Pekerja Sosial tidak ada salahnya untuk bergabung dengan PKH Kemsos. Pendaftaran PKH Kemsos ini gratis dan dilakukan dengan cara online.

Agar Anda tidak penasaran bagaimana caranya dalam pendaftaran online PKH Kemsos, sebaiknya simak beberapa point pertanyaan yang sering ada di benak para pelamar berikut ini :

Berapa lama pendaftaran online ini berlangsung?

  • Pendaftaran hanya dapat dilakukan dalam periode yang ditetapkan panitia seleksi. Silahkan lihat website kemsos.go.id untuk penjelasan lebih rinci mengenai periode pendaftara ini.

Bagaimana cara melakukan pendaftaran online?

  • Silahkan kunjungi situs web http://kemsos.go.id, baca dengan seksama dan ikuti tahapan pada TATA CARA MELAMAR, atau periksa video petunjuk pengisian formulir online ini di YouTube

Apakah saya bisa melamar lebih dari satu posisi jabatan?

  • Tidak bisa, karena sistem hanya akan mengijinkan satu NIK untuk satu kali pendaftaran, sehingga hanya dapat dilakukan untuk satu posisi saja.

Mengapa saya tidak dapat mendaftar secara online?

  • Kemungkinan NIK anda sudah terdaftar. Satu NIK hanya diperkenankan mendaftar satu kali. Setiap pendaftaran akan dikirimkan email berisi password melalui email.
  • Bila mengalami kesalahan pengisian alamat email, atau email tersebut tidak dapat diakses lagi, alamat email dapat diperbaiki selama password belum digunakan. Silahkan pilih ganti email di bagian login
  • Kemungkinan alamat email yang sama sudah digunakan. Satu alamat email hanya diperkenankan digunakan untuk satu pendaftar. Pastikan alamat email anda hanya digunakan untuk pendaftaran anda sendiri

Dapatkah saya memiliki lebih dari satu akun pendaftaran?

  • Tidak dapat, setiap pelamar hanya dapat memiliki satu akun lamaran.

Dapatkah saya melamar untuk beberapa posisi secara bersamaan?

  • Tidak dapat. Anda hanya dapat melamar hanya untuk satu posisi.

Alamat email apa yang harus saya gunakan untuk melamar?

  • Email yang Anda gunakan harus email pribadi. Email pribadi adalah email yang mengunakan alamat penyedia layanan email publik seperti @yahoo, @gmail @ymail. Menggunakan email orang lain atau email perusahaan tempat Anda bekerja sekarang tidak diperkenankan, contoh : joni@namaperusahaan.com, joni@namaclub.com, dan sebagainya.

Apa yang terjadi bila saya menggunakan email orang lain?

  • Menggunakan email pihak lain menyalahi aturan dalam proses pelamaran dan tidak diperkenankan selain akan merugikan diri Anda sendiri karena informasi terbaru terkait dengan proses dan status lamaran tidak dapat langsung diketahuai oleh Anda.

Apa yang harus saya lakukan bila saya tidak ingat alamat email saya atau belum menerima email?

  • Silahkan klik Ganti Email pada saat pertama masuk ke dalam situsĀ  https://ssdm.pkh.kemsos.go.id dan masukkan NIK dan Nomor Ponsel yang Anda gunakan saat proses pendaftaran pada kolom NIK dan Nomor Ponsel Anda, lalu ganti email lama dengan email yang baru, maka password Anda yang baru akan dikirimkan ke email yang baru.

Apa yang harus saya lakukan bila saya tidak ingat kata sandi (password) saya?

  • Kata sandi (password) merupakan kumpulan karakter (huruf/angka/karakter lain) yang digunakan untuk memuatkan biodata dan unggah berkas. Kata sandi dikirimkan melalui email. Silahkan periksa email anda.

Apakah saya dapat mengubah kata sandi saya?

  • Sistem tidak dilengkapi dengan layanan mengubah kata sandi. Silahkan periksa email, karena password dikirimkan melalui email. Bila email yang dimaksud mengalami masalah sehingga tidak dapat dibuka, silahkan ganti alamat email di bagian login. Atau silahkan isi lupa password di bagian login untuk mendapatkan password baru.

Saya memasukkan email yang salah ketika melamar, apa yang harus saya lakukan?

  • Alamat email dapat diubah, pilih ganti email di bagian login.

Saya memasukkan tanggal lahir yang salah ketika melamar, bagaimana cara mengubahnya?

  • Pastikan Anda memasukan semua data secara benar karena Anda tidak dapat mengubahnya setelah Anda menekan ‘kirim lamaran’.

Saya memasukkan nomor NIK yang salah ketika mendaftar, apa yang harus saya lakukan?

  • Pastikan Anda memasukan semua data secara benar karena Anda tidak dapat mengubahnya setelah Anda menekan ‘kirim lamaran’.

Apakah boleh saya melakukan logout dengan maksud melengkapi data dan berkas lainnya dilain waktu?

  • Ya, anda bisa melakukan login dan logout untuk memperbaiki data, dengan catatan, login hanya dapat dilakukan dalam periode pendaftaran.
  • Pastikan melengkapinya dalam periode pendaftaran itu. Anda tidak dapat login lagi bila periode pendaftaran sudah terlewati, sehingga tidak dapat melengkapi berkas pendaftaran anda lagi.

Apa yang akan terjadi bila saya tidak memasukan data yang sebenarnya?

  • Pendaftaran anda akan dinyatakan gugur.

Apa yang harus saya lakukan setelah saya menyelesaikan proses lamaran online?

  • Tunggu Pengumuman dari kami melalui Email, apabila Anda dinyatakan lolos seleksi Administrasi untuk diundang Tes Kompetensi.

Bagaimana bila mengalami kesulitan dalam melakukan unggahan berkas?

  • Pastikan bahwa unggahan berkas berhasil dilakukan. Tidak adanya berkas yang diunggah akan mengakibatkan tidak dapat lanjut ke langkah pengiriman berkas. Untuk mempermudah unggah berkas, pastikan bahwa ukuran file unggahan, secara total, kurang dari 1 MB.

Saya tidak dapat masuk ke halaman “kirim lamaran”, mengapa?

  • Halaman kirim lamaran hanya tersedia bila berkas KTP dan ijazah telah diunggah.

Halaman unggah hanya meminta unggah KTP. Dimana saya unggah sertifikat dan ijazah?

  • Halaman unggah dikaitkan dengan data pada bio data. Bila baris ijazah diisi lengkap satu baris, maka halaman unggah ijazah disediakan.
  • Demikian juga untuk sertifikat dan pengalaman praktek. Bila data sertifikat dan pengalaman praktek diisi, maka fitur unggah sertifikat dan praktek disediakan.

Bagaimana bila pengalaman praktek saya tidak dilengkapi dengan sertifikat?

  • Sertifikat pelatihan dianggap sebagai bukti bahwa anda telah mengikuti pelatihan dimaksudkan. Demikian pula dengan pengalaman praktek.
  • Bila anda tidak memiliki sertifikat, jangan isi di biodata nya.

Dapatkah saya memilih kota atau lokasi penempatan yang saya inginkan?

  • Ya, tetapi hanya diberikan pilihan terkait tempat tinggal anda, apakah di propinsi anda tinggal, kabupaten, atau kecamatan. Anda juga bisa memilih untuk penempatan di seluruh Indonesia.

Apa yang harus saya lakukan untuk bertanya mengenai proses rekrutmen dan seleksi ini?

  • Proses seleksi ini tidak menyediakan fasilitas untuk bertanya langsung mengenai proses dan status seleksi. Semua informasi disampaikan melalui email dan sms resmi. Bila diperlukan, silahkan ajukan di halaman pengaduan mengenai kendala yang dihadapi.

Bagaimana cara mengetahui status lamaran saya?

  • Silahkan melihat pengumuman yang dimuat dalam website https://ssdm.pkh.kemsos.go.id.

Mengapa tulisan saya mengenai pendidikan dan pelatihan tidak terekam?

  • Khusus pada bagian riwayat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman praktek, satu baris informasi akan terekam apabila data diisi lengkap satu baris. Bila tidak lengkap satu baris, maka informasi tersebut tidak akan direkam.

Saya sudah mendaftar sebagai operator, bisakah saya pindah menjadi pendamping?

  • Tidak ada fasilitas untuk pindah posisi lamaran. Pastikan untuk mengisi posisi lamaran dengan benar.

Saya upload berkas yang ukurannya dibawah 1MB, tetapi tidak bisa upload, karena katanya tidak boleh lebih dari 512KB. Harus nya bagaimana?

  • Yang perlu disiapkan oleh pelamar adalah file berkas untuk diunggah, yaitu: satu file KTP, satu file (kumpulan) Ijazah beserta transkrip nilai, satu file (kumpulan) sertifikat bila ada, dan satu file (kumpulan) pengalaman praktek bila ada. Setiap file tidak boleh lebih dari 512KB, dan total seluruh file tidak boleh lebih dari 1MB. Jadi, pastikan bahwa total file yang hendak diunggah mengikuti aturan tersebut.

Saya tidak bisa login?

  • Pastikan password yang dimuatkan adalah sama persis dengan yang dituliskan di email. Ketika copy-paste password, seringkali terbawa spasi diawal ataupun diakhir password. Coba ulangi lagi.

Jika Anda sudah memahami pertanyaan pertanyaan di atas, maka segera lakukan pendaftaran secara online melalui website resmi PKH Kemsos di bawah ini :