Lowongan BPJS Ketenagakerjaan – Jamsostek

Lowongan BPJS KetenagakerjaanBPJS Ketenagakerjaan kembali membuka kesempatan berkarir dengan formasi, persyaratan dan ketentuan sebagai berikut :

  1. STAF ANGGOTA KOMITE (KMT)

Deskripsi Pekerjaan

Tugas dan Tanggung Jawab :

  • Menyusun telaah, kajian, dan analisis terkait isu strategis terkait BPJS Ketenagakerjaan
  • Menyusun telaah, analisis, dan masukan berkaitan dengan fungsi dan tugas Dewan Pengawas
  • Mempersiapkan materi untuk peninjauan ke unit kerja
  • Menerima, menyusun laporan, dan analisis terhadap keluhan yang diterima atau diawasi oleh Komite
  • Mengembangkan metode dan sistem pengawasan
  • Melakukan pengolahan data dan pelaporan hasil kajian ke Dewan Pengawas
  • Mempersiapkan dan mengelola dokumen terkait Dewan Pengawas

Persyaratan :

  • Pendidikan minimal S1 jurusan yang relevan, diutamakan memiliki Pendidikan S2
  • Berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B
  • IPK minimal 2.75 Skala 4.00
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun pada salah satu bidang, dan/atau sebagai anggota Komite di bidang sebagai berikut:
    • – Kebijakan publik, ketenagakerjaan, audit kelola dan kinerja, manajemen perusahaan, SDM
    • – Hukum, manajemen risiko, investasi, pelayanan publik
    • – Akuntansi, keuangan, dan aktuaria
  • Memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai proses bisnis dari jaminan sosial
  • Usia : Belum berulang tahun yang ke 60 pada saat pendaftaran
  • Bukan merupakan Anak, Saudara Kandung, Saudara Ipar dari Karyawan, Direksi, atau Dewan Pengawas Aktif BPJS Ketenagakerjaan
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai karyawan suatu instansi baik pemerintah maupun swasta
  • Tidak ada ikatan dengan suatu instansi lain baik pemerintah, swasta maupun lembaga pendidikan yang tidak membolehkan rangkap jabatan
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan jaringan yang luas
  • Memiliki interpersonal skill yang baik
  • Kemampuan berbahasa Inggris dan diutamakan yang memiliki kemampuan bahasa asing lainnya
  • Mahir dalam mengoperasikan aplikasi komputer minimal MS Office
  • Bersedia mengikuti jam dan hari kerja BPJS Ketenagakerjaan (Full Day)

Benefit :

  • Mendapatkan semua perlindungan dari program BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Pensiun.

Situs referensi

  1. www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Tata Cara Pendaftaran

Apabila Anda tertarik dan memenuhi persyaratan, maka silakan melakukan pendaftaran yang dilaksanakan secara online melalui laman resmi BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini :

Ketentuan Umum :

  • Masa registrasi online dibuka hingga 25 Maret 2021.
  • Hanya kandidat terbaik dan memenuhi persyaratan administrasi yang akan diikutsertakan ke dalam tahap seleksi.
  • Untuk mengikuti seluruh tahapan rekrutmen dan seleksi calon karyawan, BPJS Ketenagakerjaan tidak memungut biaya apapun
  • Email hanya memberikan notifikasi bahwa pengumuman telah diupload, untuk hasil kelulusan dan panggilan seleksi hanya bisa dilihat melalui menu notifikasi yang muncul apabila Anda login ke website e-Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan
  • Apabila Anda menerima email yang berisi bahwa Anda lulus atau tidak lulus ataupun telepon yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan terkait dengan proses seleksi, silahkan hubungi Contact Center BPJS Ketenagakerjaan di 175

Info Lowongan BPJS Ketenagakerjaan dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

 

Sekilas Tentang BPJS Ketenagakerjaan

Lowongan BPJS KetenagakerjaanBPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tangung jawab dan kewajiban Negara – untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Sesuai dengan kondisi kemampuan keuangan Negara. Indonesia seperti halnya negara berkembang lainnya, mengembangkan program jaminan sosial berdasarkan funded social security, yaitu jaminan sosial yang didanai oleh peserta dan masih terbatas pada masyarakat pekerja di sektor formal.

Sejarah terbentuknya PT Jamsostek (Persero) mengalami proses yang panjang, dimulai dari UU No.33/1947 jo UU No.2/1951 tentang kecelakaan kerja, Peraturan Menteri Perburuhan (PMP) No.48/1952 jo PMP No.8/1956 tentang pengaturan bantuan untuk usaha penyelenggaraan kesehatan buruh, PMP No.15/1957 tentang pembentukan Yayasan Sosial Buruh, PMP No.5/1964 tentang pembentukan Yayasan Dana Jaminan Sosial (YDJS), diberlakukannya UU No.14/1969 tentang Pokok-pokok Tenaga Kerja. Secara kronologis proses lahirnya asuransi sosial tenaga kerja semakin transparan.

Setelah mengalami kemajuan dan perkembangan, baik menyangkut landasan hukum, bentuk perlindungan maupun cara penyelenggaraan, pada tahun 1977 diperoleh suatu tonggak sejarah penting dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No.33 tahun 1977 tentang pelaksanaan program asuransi sosial tenaga kerja (ASTEK), yang mewajibkan setiap pemberi kerja/pengusaha swasta dan BUMN untuk mengikuti program ASTEK. Terbit pula PP No.34/1977 tentang pembentukan wadah penyelenggara ASTEK yaitu Perum Astek.

Tonggak penting berikutnya adalah lahirnya UU No.3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK). Dan melalui PP No.36/1995 ditetapkannya PT Jamsostek sebagai badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Program Jamsostek memberikan perlindungan dasar untuk memenuhi kebutuhan minimal bagi tenaga kerja dan keluarganya, dengan memberikan kepastian berlangsungnya arus penerimaan penghasilan keluarga sebagai pengganti sebagian atau seluruhnya penghasilan yang hilang, akibat risiko sosial.

Selanjutnya pada akhir tahun 2004, Pemerintah juga menerbitkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Undang-undang itu berhubungan dengan Amandemen UUD 1945 tentang perubahan pasal 34 ayat 2, yang kini berbunyi: “Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan”. Manfaat perlindungan tersebut dapat memberikan rasa aman kepada pekerja sehingga dapat lebih berkonsentrasi dalam meningkatkan motivasi maupun produktivitas kerja.

Kiprah Perusahaan yang mengedepankan kepentingan dan hak normatif Tenaga Kerja di Indonesia terus berlanjut. Sampai saat ini, PT Jamsostek (Persero) memberikan perlindungan 4 (empat) program, yang mencakup Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi seluruh tenaga kerja dan keluarganya.

Tahun 2011, ditetapkanlah UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sesuai dengan amanat undang-undang, tanggal 1 Januri 2014 PT Jamsostek akan berubah menjadi Badan Hukum Publik. PT Jamsostek tetap dipercaya untuk menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja, yang meliputi JKK, JKM, JHT dengan penambahan Jaminan Pensiun mulai 1 Juli 2015.

Menyadari besar dan mulianya tanggung jawab tersebut, Jamsostek pun terus meningkatkan kompetensi di seluruh lini pelayanan sambil mengembangkan berbagai program dan manfaat yang langsung dapat dinikmati oleh pekerja dan keluarganya. Kini dengan system penyelenggaraan yang semakin maju, program Jamsostek tidak hanya memberikan manfaat kepada pekerja dan pengusaha saja, tetapi juga memberikan kontribusi penting bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi bangsa dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kontak BPJS Ketenagakerjaan

Kantor Pusat
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 79
Jakarta Selatan 12930
Tlp. (021) 5207797 (Hunting 20 Lines)
Fax. (021) 5202310