Lowongan Petugas PPKL Kemenkop UKM

Lowongan Petugas PPKLLowongan Petugas PPKL – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan koperasi dan usaha kecil dan menengah. Kementerian Koperasi, dan UKM dipimpin oleh seorang Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop, dan UKM).

Koperasi adalah institusi (lembaga) yang tumbuh atas dasar solidaritas tradisional dan kerja sama antar individu, yang pernah berkembang sejak awal sejarah manusia sampai pada awal Revolusi Industrial di Eropa pada akhir abad 18 dan selama abad 19, sering disebut sebagai Koperasi Historis atau Koperasi Pra-Industri. Koperasi Modern didirikan pada akhir abad 18, terutama sebagai jawaban atas masalah-masalah sosial yang timbul selama tahap awal Revolusi Industri.

Di Indonesia, ide-ide perkoperasian diperkenalkan pertama kali oleh Patih di Purwokerto, Jawa Tengah, R. Aria Wiraatmadja yang pada tahun 1896 mendirikan sebuah Bank untuk Pegawai Negeri. Cita-cita semangat tersebut selanjutnya diteruskan oleh De Wolffvan Westerrode. Pada tahun 1908, Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. Sutomo memberikan peranan bagi gerakan koperasi untuk memperbaiki kehidupan rakyat. Pada tahun 1915 dibuat peraturan Verordening op de Cooperatieve Vereeniging, dan pada tahun 1927 Regeling Inlandschhe Cooperatiev. Pada tahun 1927 dibentuk Serikat Dagang Islam, yang bertujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi pengusaha-pengusaha pribumi. Kemudian pada tahun 1929, berdiri Partai Nasional Indonesia yang memperjuangkan penyebarluasan semangat koperasi. Hingga saat ini kepedulian pemerintah terhadap keberadaan koperasi tampak jelas dengan membentuk lembaga yang secara khusus menangani pembinaan dan pengembangan koperasi.

Pengumuman Rekruitmen Tenaga Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan Tahun 2019

Sebagai langkah mengintensifkan pembinaan dan pengembangan koperasi di Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia membuka kesempatan bagi putra putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi :

  • Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL)

Deskripsi Pekerjaan

Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) ini dituntut memiliki kompetensi agar mampu melakukan kegiatan penumbuhan dan pengembangan koperasi. Langkah yang dilakukan dengan menyelenggarakan program penyuluhan secara intensif, ditempuh melalui Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL).

PPKL dikonsentrasikan pada penyuluhan : koperasi di sektor strategis, pengembangan koperasi sektor produktif lain (konsumsi dan simpan pinjam), dan pendataan koperasi tidak aktif serta tugas penyuluhan lain.

Keberadaan PPKL menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melakukan perubahan secara sistematis, terstruktur dan berkelanjutan. Untuk maksud tersebut para Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) sebagai tenaga profesional, diberi tugas oleh pejabat untuk melaksanakan tugas penyuluhan perkoperasian. Untuk itu mari bergabung dalam upaya membangun perekenomian bangsa berbasis koperasi dalam wadah Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL)

Kualifikasi & Kriteria Pelamar :

  • Usia 22 – 35 Tahun
  • Berdomisili dan bersedia ditempatkan di Kabupaten/Kota terpilih
  • Pendidikan S1 (Diutamakan jurusan Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Sosial Ekonomi, Pendidikan Ekonomi, Perkoperasian, Kesejahteraan Sosial, Sosiologi, Ekonomi Syariah)
  • IPK minimum 3,00
  • Diutamakan aktif dalam kegiatan organisasi
  • Fresh graduate dipersilahkan untuk mendaftar

Lokasi Penempatan :

  1. Sumatera Selatan : Kota Lubuklinggau,KotaPagar Alam, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kab. Musi Rawas Utara, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan, Kab. Ogan Komering Ulu Timur
  2. Lampung : Kab. Lampung Timur & Kab. Way Kanan
  3. DKI Jakarta : Kota Adm Jakarta Barat, Kota Adm Jakarta Pusat, Kota Adm Jakarta Selatan, Kota Adm Jakarta Timur, Kota Adm Jakarta Utara, Kab. Adm Kepulauan Seribu
  4. Jawa Barat : Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Depok, Kota Sukabumi, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kab, Bogor, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka, Kab. Pangandaran, Kab. Purwakarta, Kab. Sumedang
  5. Jawa Tengah : Kota Magelang, Kota Salatiga, Kota Surakarta, Kab. Banjarnegara, Kab. Banyumas, Kab. Blora, Kab. Boyolali, Kab. Grobogan, Kab. Klaten, Kab. Kudus, Kab. Magelang, Kab. Purbalingga, Kab. Semarang, Kab. Sragen, Kab. Sukoharjo, Kab. Temanggung, Kab. Wonosobo
  6. DI Yogyakarta : Kota Yogyakarta & Kab. Sleman
  7. Jawa Timur : Kota Batu, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kab. Blitar, Kab. Bojonegoro, Kab. Bondowoso, Kab. Jombang, Kab. Kediri, Kab. Madiun, Kab. Magetan, Kab. Mojokerto, Kab. Nganjuk, Kab. Ngawi, Kab. Ponorogo

Situs Referensi

  1. www.ppklkemenkop.id

Tata Cara Pendaftaran

Apabila Anda tertarik dan sanggup memenuhi persyaratan, silakan melakukan pendaftaran dengan cara membuka tautan berikut ini :

Ketentuan Umum :

  • Seluruh tahapan dalam proses rekrutmen Petugas Penyuluh Koperasi ini tidak dipungut biaya apapun
  • Hanya pelamar yang memenuhi syarat yang akan diikutsertakan dalam tahapan seleksi selanjutnya

Info Lowongan Petugas PPKL dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS